Sambal Cumi Asin: Kombinasi Lezat Pedas dan Asin yang Memanjakan Lidah

Sambal Cumi Asin adalah hidangan lezat yang menggabungkan cita rasa pedas dan asin untuk memanjakan lidah para pecinta masakan pedas. Resep sambal ini menggunakan cumi asin yang terlebih dahulu direndam untuk mengurangi kadar garam berlebih. Proses perendaman membuat cumi asin menjadi empuk dan siap menyerap berbagai bumbu lezat. Gabungan dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah besar memberikan sentuhan pedas yang menggigit namun tak mengalahkan kelezatan cumi asin itu sendiri.

Dalam penyajiannya, Sambal Cumi Asin menawarkan kesegaran tambahan dengan irisan tomat yang dipotong dadu kecil. Tomat memberikan kelembutan dan keseimbangan cita rasa pada sambal ini. Bumbu-bumbu lain seperti gula merah dan garam juga turut menambah dimensi rasa dengan manis alami dari gula merah yang berpadu sempurna dengan rasa asin dari cumi. Tumisan bawang merah dan bawang putih pada awal proses memasak memberikan aroma menggugah selera yang tak bisa ditolak.

Sambal Cumi Asin merupakan hidangan yang sangat cocok disajikan sebagai pelengkap nasi putih hangat, mie goreng, atau berbagai jenis hidangan kesukaan lainnya. Dengan sentuhan pedas dan asin yang sempurna, sambal ini akan memanjakan lidah dan memberikan sensasi unik dalam setiap suapan. Untuk para pecinta masakan pedas, sambal cumi asin ini menjadi pilihan yang tak boleh terlewatkan untuk mencicipi kelezatannya yang menggoda selera. Selamat menikmati kelezatan sambal cumi asin yang menggugah selera dan memanjakan lidah!

Resep Sambal Cumi Asin

Bahan-bahan:

  • 250 gram cumi asin (cumi kering)
  • 5-6 siung bawang merah
  • 3-4 siung bawang putih
  • 10-15 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
  • 5 buah cabai merah besar (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sendok makan gula merah (atau sesuai selera)
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, rendam cumi asin dalam air hangat selama sekitar 30 menit hingga empuk. Ganti airnya beberapa kali selama proses perendaman untuk menghilangkan kadar garam berlebih. Setelah empuk, tiriskan dan cuci bersih.
  2. Siapkan bahan-bahan lainnya: iris tipis bawang merah dan bawang putih, potong tomat menjadi dadu kecil, dan cabai rawit serta cabai merah besar.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah keemasan.
  4. Masukkan cumi asin yang sudah direndam dan tiriskan. Tumis cumi hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan.
  5. Selanjutnya, tambahkan irisan cabai rawit dan cabai merah besar. Aduk rata dan masak hingga cabai layu dan matang.
  6. Masukkan tomat yang sudah dipotong dadu kecil ke dalam wajan. Masak hingga tomat menjadi lembut dan bumbu meresap.
  7. Tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak sebentar hingga bumbu tercampur merata.
  8. Cicipi sambal cumi asin, sesuaikan rasanya sesuai selera. Jika perlu, tambahkan gula atau garam untuk menyesuaikan rasa pedas dan asin.
  9. Angkat sambal cumi asin dari wajan dan sajikan selagi hangat.

Sambal cumi asin siap disajikan sebagai pelengkap nasi putih hangat atau makanan kesukaan Anda lainnya. Selamat menikmati kombinasi lezat pedas dan asin yang memanjakan lidah!

Nikmati kelezatan Sambal Cumi Asin yang memanjakan lidah dengan perpaduan lezat dari rasa pedas dan asin yang menggigit. Dengan cumi asin yang empuk dan bumbu-bumbu segar, sambal ini menjadi hidangan yang tak terlupakan untuk dinikmati bersama sajian favorit Anda. Hadirkan sensasi cita rasa yang menggugah selera dalam setiap suapan sambal ini, dan jadikan masakan Anda lebih istimewa dengan tambahan kelezatan yang satu ini. Selamat menikmati sambal cumi asin yang memikat selera dan menciptakan kenikmatan tiada tara bagi para penikmat makanan pedas!

Comments

Popular Resep Sambal

12 Resep Sambal Khas Nusantara

Sambal Bajak: Kombinasi Pedas dengan Aroma yang Memikat