Sambal Dadak: Kenikmatan Pedas dalam Sajian Tradisional

 Sambal Dadak adalah salah satu sambal tradisional dari Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedas yang menggigit. Sambal ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan menjadi hidangan pelengkap yang tak terpisahkan dari berbagai makanan tradisional. Sambal Dadak memiliki keunikannya karena menggunakan bahan-bahan segar dan rempah-rempah yang dihaluskan secara tradisional, memberikan kenikmatan dan aroma yang khas. Mari kita simak resep dan cara membuat Sambal Dadak yang lezat ini!

Resep Sambal Dadak

Bahan-bahan:

  • 10-15 buah cabai merah keriting (sesuai selera tingkat kepedasan)
  • 5 buah cabai rawit merah (opsional, jika ingin lebih pedas)
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh terasi (opsional, namun akan menambahkan aroma khas)
  • 1 sendok makan gula merah (atau sesuai selera)
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Cuci bersih cabai merah keriting dan cabai rawit merah. Potong-potong cabai merah dan cabai rawit untuk memudahkan proses penghalusan.
  2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Kupas dan iris tipis lengkuas serta jahe.
  3. Jika ingin menggunakan terasi, panggang terasi dalam wajan tanpa minyak hingga harum. Angkat dan dinginkan, lalu haluskan terasi hingga menjadi bubuk halus.
  4. Selanjutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan daun jeruk hingga harum dan berubah warna keemasan.
  5. Masukkan potongan cabai merah keriting dan cabai rawit merah ke dalam wajan. Tumis hingga cabai layu dan terlihat matang.
  6. Angkat bahan tumisan dari wajan dan biarkan sejenak hingga sedikit mendingin.
  7. Setelah bahan tumisan agak dingin, haluskan semua bahan dengan menggunakan blender atau ulekan hingga menjadi pasta yang halus dan tercampur rata.
  8. Tambahkan gula merah dan garam ke dalam pasta sambal. Jika menggunakan terasi, tambahkan juga bubuk terasi ke dalam pasta sambal. Aduk rata dan cicipi rasa. Sesuaikan rasa Sambal Dadak sesuai dengan selera Anda. Jika perlu, tambahkan gula atau garam secukupnya.
  9. Sambal Dadak siap disajikan! Sajikan dalam wadah bersih dan nikmati bersama hidangan tradisional kesukaan Anda.


Sambal Dadak yang pedas dan menggigit ini akan memberikan sensasi kenikmatan dalam setiap suapan. Kelezatan dan keunikannya membuat sambal ini menjadi pelengkap yang sempurna bagi hidangan tradisional. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan Sambal Dadak yang lezat ini!

Comments

Popular Resep Sambal

12 Resep Sambal Khas Nusantara

Sambal Cumi Asin: Kombinasi Lezat Pedas dan Asin yang Memanjakan Lidah

Sambal Bajak: Kombinasi Pedas dengan Aroma yang Memikat